Wednesday, August 21, 2013

Logo Garuda Indonesia


Arti Logo Garuda Indonesia

Yang terlintas di benak kita saat melihat logo garuda Indonesia adalah ilustrasi seekor burung yang sedang terbang dengan mengepakkan sayap.

Ternyata, dari sayap burung yang digambarkan dengan lima helai bulu tersebut ada pesan tersendiri yang ingin disampaikan. Pesannya yaitu sebagai lambang dari kelima buah sila yang menjadi lambang negara Indonesia sekaligus sebagai dasar negara dan falsafah hidup Bangsa Indonesia.

Hal inilah yang menjadi penegas bahwa ilustrasi burung pada logo tersebut tiada lain adalah sosok seekor burung garuda. Burung yang dapat terbang dengan ketinggian yang sangat tinggi dan cepat. Memiliki penampilan yang gagah dengan kepakkan sayapnya yang lebar seperti seorang penguasa.

Dengan cakarnya dan penampilannya yang menunjukkan kebesarannya. Penuh keberanian, seolah tidak pernah takut dengan apapun yang akan menghadangnya. Mulai dari cuaca atau bahkan serangan dan ancaman musuh-musuhnya. Seperti yang tergambar dalam sebuah lagu daerah yang berjudul ‘Manuk Dadali" yang tiada lain adalah "Burung garuda".

Bisa jadi karena karakteristik burung garuda inilah yang menyebabkan beberapa negara lain juga mempergunakan lambang negara burung garuda. Salah satu negara yang menggunakan logo burung garuda sebagai lambang negaranya yaitu Thailand.

Salah satu negara yang berada satu kawasan dengan Indonesia yaitu Asia Tenggara. Kawasan yang menjadi salah satu habitat dari burung garuda di dunia. Karakteristik burung garuda inilah yang dibidik oleh para pencipta lambang negara ini. Begitupun dengan Garuda Indonesia yang menjadikan logo burung garuda sebagai identitas maskapai penerbangannya.

Maskapai terbesar di Indonesia yang mengusung nama Indonesia di dunia. Dengan mengepakan sayapnya terbang mengangkasa untuk melayani ribuan penumpang di angkasa untuk menjelajah dunia dengan pesawat udara.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger templates

Blogroll

Blogger news